Ingin Main Sega di Laptop? Begini Triknya

Suara Wanita – Di antara kita, pasti ada yang masa kecilnya terhibur oleh game-game seru dari konsol Sega Genesis. Beberapa di antaranya masih seru banget lho buat kita mainkan sampai saat ini. Terutama buat kamu yang ingin bernostalgia.

Nah, buat yang tertarik main tapi gak punya konsol Sega Genesis, tidak perlu khawatir, kamu bisa memainkan game-game legendarisnya di laptop kok. Begini caranya.

Download Emulator

Untuk bisa memainkan game sega di laptop, kita memerlukan yang namanya Emulator alias software yang akan membantu kita menjalankan suatu program, termasuk game Sega Genesis.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mendownloadnya di website-website yang menyediakan emulator gratis. Search aja di Google, banyak banget kok. Salah satunya adalah situs ROMNation.

Ukuran emulatornya juga gak gede, cuma 2 mb aja. Yang penting sesuaikan dengan perangkat yang kamu punya ya, karena emulator untuk windows dan macbook itu berbeda-beda.

Download Game

Setelah punya emulator, sekarang waktunya berburu game favorit kamu. Silahkan meluncur kembali ke situs Romnation untuk mengunduh game-game Sega dengan format ROM. Rata-rata gamenya berukuran 200kb-500kb, gak sampai 1mb. Hemat banget kan?

Kalau udah beres belanja online gratisannya, usahakan satukan game dan emulator dalam satu folder biar nanti gampang nyarinya.

Waktunya Bermain Sega

Nah, ini yang ditunggu-tunggu, waktunya memainkan game favorit kamu.

Pertama-tama, ekstrak dan klik aplikasi emulator di laptop atau komputer kita. Setelah emulatornya menyala, klik ÔÇśOpen ROMÔÇÖ dan pilihlah game yang dimainkan. Atur juga besaran layarnya sesuai selera kita.

Habis itu, tadaaaÔÇŽ. tinggal main deh. Gak perlu pakai internet.

Untuk controllernya kita bisa pake keyboard dari laptop, atau beli stik game khusus komputer semisal mau ribet dikit.

Selamat bermain ya…

Baca juga: