Tips Online Shop: Cara Kirim Barang Pakai Resi Otomatis

Suara Wanita – Berdagang memang menyenangkan. Gak perlu repot-repot lagi buka toko karena sekarang kita bisa buka Online Shop di dunia maya. Cara yang paling mudah adalah dengan mengandalkan situs jual-beli yang belakangan mulai berjamur di Indonesia.

Nah, sebagai modal awal pemilik  Online  Shop, yang perlu kita persiapkan adalah produk yang selalu ready serta uang untuk menalangi ongkos kirim. Pasalnya, beberapa situs  jual -beli menahan terlebih dahulu uang pesanan (beserta ongkir) sebelum barang yang dibeli benar-benar sampai ke tangan costumer. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan.

Untungnya, buat yang kondisi uangnya pas-pasan namun pesanan lagi seabrek, sekarang kita bisa memanfaatkan fitur resi otomatis. Fitur yang belakangan sudah dimiliki oleh beberapa situs jual-beli seperti Bukalapak dan Tokopedia ini memungkinkan kita untuk mengirim barang pesanan tanpa perlu menalangi ongkos kirimnya.

Ya, benar sekali, secara otomatis pihak jasa pengiriman akan mengambil ongkos kirimnya dari uang costumer yang masih berada di situs terkait. Hmm, sangat membantu bukan? Sini saya ajarkan cara menggunakannya:

Baca juga:

Hmm, Bagaimana Cara Menggunakan Resi Otomatis?

Sebagai langkah pertama, yang perlu kita lakukan adalah memproses pesanan yang masuk. Setelah itu, di bagian pengiriman, tepatnya di opsi resi, pilihlah ‘resi otomatis’. Dalam beberapa kasus, contohnya di Bukalapak, nomor tiket atau kode booking akan keluar setelah kita melakukan konfirmasi. Kita juga sudah gak perlu repot-repot lagi menginput nomor resi karena semuanya terintegrasi secara otomatis.

Setelah mendapat nomor tiket atau kode booking, cetak atau catat nomornya dan tempelkan di barang pesanan. Selanjutnya tinggal serahkan barang tersebut ke jasa pengiriman.

Sedikit catatan, pastikan alamat pengirim dan alamat penerima yang tertera di kardus pembungkus barang sesuai dengan yang tercantum di website ya. Karena biasanya petugas Pos akan memeriksa terlebih dahulu hal tersebut sebelum menerima barang kiriman kalian.

So bagaimana para juragan  online  shop, sudah paham belum? Semoga semakin laris ya jualannya. Jangan lupa beritahu kami kalau ada tips-tips yang lebih seru tentang jual beli online.

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://blog.bukalapak.com/2016/12/pos-order-number/
  • https://selular.id/news/e-commerce/2016/10/tokopedia-sediakan-sistem-resi-otomatis-untuk-jne