Bagasi Berbayar: Tips Hindari Biaya Tambahan

Suarawanita.com, Jakarta Salah satu penumpang salah satu maskapai penerbangan terpaksa batal membawa oleh-oleh saat akan pulang ke kampung halamannya. Ia dan kedua temannya terkejut lantaran harus membayar biaya kelebihan bagasi sebesar Rp 2,5 juta untuk barang bawaan mereka yang konon mencapai 30 kg.

Akhirnya, ketimbang harus merogoh kocek yang cukup besar, mereka memilih meninggalkan oleh-oleh tersebut dan meminta kerabat untuk mengambilnya di bandara.

Bagi yang belum tahu, sejumlah maskapai penerbangan telah menetapkan aturan bagasi berbayar untuk semua penerbangan domestik.

Para penumpang yang membawa barang bawaan di atas ukuran 40 cm x 30cm x 20cm dan berat 7 kg akan dikenai biaya tambahan dengan tarif yang berbeda-beda sesuai rute penerbangan.

Oleh karena itu, jika di antara kita ada yang berniat untuk traveling dengan maskapai di atas, mungkin ada baiknya untuk kembali mengecek lagi barang bawaan yang akan kita bawa.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan supaya terhindar dari biaya tambahan:

Supaya perjalanan jadi lebih nyaman dan terbebas dari biaya kelebihan bagasi, mulailah biasakan diri untuk tak membawa barang bawaan dengan jumlah berlebihan saat bepergian.

Hitung berapa lama kita akan berada di luar kota, lalu penuhilah kebutuhan akan pakaian, perlengkapan mandi, dan lain-lain seringkas dan seminimal mungkin. Kalau memang tidak terlalu perlu, lebih baik tidak usah dibawa.

Setelah selesai packing, jangan lupa untuk selalu timbang kembali barang bawaan kita. Kalau melebihi batas maksimal, cek lagi, mungkin ada beberapa yang bisa kita kurangi.

Jika berniat membawa pulang oleh-oleh dengan jumlah besar, cobalah untuk tidak terlalu banyak membawa barang pribadi saat bepergian. Dengan begitu, kita akan punya banyak ruang untuk oleh-oleh.

Namun, kalau memang harus membawa barang dengan berat di atas 7 kg, kita bisa mempertimbangkan memakai jasa pengiriman barang. Cek biaya kirim beberapa jasa pengiriman barang yang ada di kota tersebut, lalu bandingkan dengan biaya bagasi tambahan di bandara. Ingat, pastikan jasa pengiriman barang-nya aman dan bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, bagaimana? Semoga membantu ya tipsnya.