Suka Minum sambil Berdiri? Waspada Bahaya Ini

Suarawanita.com, Jakarta Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting. Itu mengapa kita dianjurkan untuk minum air dengan jumlah tertentu di setiap harinya.

Tapi yang jarang kita sadari, cara kita meminum air putih juga ternyata punya pengaruh lho buat kesehatan kita.

Minum dengan posisi berdiri contohnya. Meski terasa efisien, siapa sangka cara ini memiliki efek yang kurang baik.

Ya! Menenggak air sambil berdiri rupanya memiliki hubungan serius dengan kecepatan masuknya air ke dalam tubuh.

Hal ini bisa mengganggu keseimbangan cairan, yang berisiko menyebabkan peningkatan racun dalam tubuh, serta mengganggu pencernaan.

MINUM SAMBIL BERDIRI MEMPENGARUHI KINERJA GINJAL

Secara keseluruhan, minum air sambil berdiri bisa mempengaruhi ginjal, tepatnya dalam proses penyaringan air.

Ketika kamu menelan air sambil berdiri, cairan melaju tanpa penyaringan ke perut bagian bawah. Ini disebabkan oleh tekanan tinggi.

Akibatnya, kotoran air yang lolos dari penyaringan, akan mengendap di kandung kemih. Dan ini bisa mengakibatkan kerusakan besar pada ginjal.

Selain itu, seperti yang tertutur di laman Times of India, menenggak air sambil berdiri tidak akan optimal dalam menghilangkan rasa haus.

Air yang kita minum tidak sempat mengendap di hati dan mendistribusikan nutrisi, namun cenderung lewat begitu saja.

Akibatnya, kita bisa minum berlebihan, bahkan kembung, tanpa mendapat manfaat yang seharusnya.

MENYEBABKAN RADANG SENDI DAN KERUSAKAN SENDI

Tak hanya menyebabkan sejumlah risiko di atas, minum sambil berdiri juga akan menumpuk cairan di persendian, yang lama kelamaan bisa memicu radang sendi.

Nah, itu tadi bahaya yang perlu kamu waspadai. Tak menutup kemungkinan, jika terus menerus meminum air sambil berdiri, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan sejumlah masalah lain, termasuk masalah jantung dan paru-paru.

Oleh karena itu, mulai sekarang ada baiknya kita ubah cara minum kita. Selain agar manfaatnya bisa kita dapat dengan maksimal, kita juga jadi tak perlu khawatir akan efek buruknya.

Yuk, kita perbaiki banyak hal dalam keseharian kita, agar bisa semakin sehat, terutama di musim panas seperti sekarang ini. Semangat ya!