3 Kesalahan yang sering Dilakukan saat Wawancara Kerja

Suara Wanita – Meski terkesan simple, lamaran dan wawancara kerja sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Kalau tidak pintar memperkenalkan diri beserta kemampuan, anda bisa saja kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Uniknya, saking fokusnya pada hal ini, terkadang banyak kandidat yang malah gagal akibat kesalahan-kesalahan kecil yang tidak sempat terpikirkan.

Kebayang kan betapa sayangnya kehilangan kesempatan besar gara-gara sesuatu yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya?

Karena itu, kalau anda akan melakukan wawancara dalam waktu dekat ini, cobalah untuk menghindari tiga kemungkinan kesalahan seperti yang dikutip dari CNBC berikut ini:

1. Terlalu fokus pada CV anda
Memiliki CV yang baik memang akan membantu kualitas wawancara kerja anda. Namun, terlalu kaku dan hanya membicarakan apa yang ada di CV justru malah akan membuat anda terlihat kurang pandai dalam membawa diri.

Jadi, akan lebih baik jika anda mulai menceritakan diri anda. Ungkapkanlah goal-goal anda dan beri alasan mengapa anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Hal itu akan membuat si pewawancara merasa lebih mengenal anda dibanding sebelumnya.

2. Bertele-tele
Kalau anda berniat untuk mengimplementasikan poin pertama, pastikan suara anda jelas dan tidak bertele-tele dalam menjelaskan sesuatu.

Fokuslah pada lawan bicara. Anda juga boleh menggerakkan tangan anda jika sedang kesulitan mengungkapkan sesuatu yang ada di pikiran anda.

Yang penting, sang pewawancara tidak salah paham dan benar-benar mengerti akan visi dan misi anda saat melamar ke perusahaan terkait.

3. CV yang kurang sempurna
Kesalahan ketiga ini sering sekali terjadi pada para pelamar. Mulai dari foto yang kurang jelas, tulisan yang salah abjad atau typo, hingga yang paling fatal adalah salah menuliskan data diri.

Untuk menghindari kesalahan ini, ada baiknya membaca kembali CV anda sebelum diberikan pada sebuah perusahaan.

Anggaplah CV anda sebagai perwakilan diri anda, jadi pastikan semuanya maksimal, jujur, dan terlihat elegan.

Nah, bagaimana, sudah siap untuk menghadapi wawancara? Saran terbaik kami adalah tunjukkan yang terbaik dan tetaplah jadi diri sendiri. Semoga berhasil.