Migrain Menyerang? Lawan dengan 5 Jurus Ini

Suara Wanita – Terkena migrain ketika sedang beraktivitas tentu sangatlah menyebalkan. Denyutan keras yang terkadang disertai mual mau tak mau memaksa kita ‘menikmati’ sakitnya yang sangat mengganggu.

Untungnya, belakangan mulai diketahui beberapa cara alternatif untuk meredakannya tanpa menggunakan obat. Seperti dikutip dari Lifehack.org, caranya pun tergolong mudah dan bisa anda praktikkan langsung ketika migrain menyerang.

Tips Atasi Serangan Sakit Kepala Sebelah

Minum air putih
Dalam beberapa kasus, serangan dapat terjadi saat tubuh sedang dehidrasi. Karena itu, cobalah minum air putih dan pastikan tubuh anda tidak kekurangan cairan.

Terapi dingin
Di tahap ini, kita bisa mencoba terapi dingin. Cara pertama yang bisa dicoba adalah memasukan kedua tangan anda ke air dingin. Buka dan kepalkan tangan anda berulangkali di dalam air.

Selain itu, kita juga bisa menempelkan handuk dingin basah ke kening. Rasa dingin biasanya akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga serangannya jadi tidak terlalu menyiksa.

Tips lain, kalau sedang berada di ruangan AC, cobalah sedikit menurunkan suhunya supaya kondisi kita jadi lebih nyaman.

Alihkan pikiran anda
Terlalu berfokus pada denyutan migrain terkadang akan membuat sakitnya jadi tambah menyiksa. Carilah udara segar sambil mengalihkan pikiran.

Selain itu, kita juga bisa bermeditasi, menghirup aromatherapy, atau mendengarkan musik instrumental yang lembut supaya pikiran bisa jauh lebih rileks.

Tidurlah sejenak
Jika cara di atas belum berhasil, cobalah untuk membuang migrain dengan tidur. Carilah tempat nyaman dan bercahaya redup lalu berbaringlah sembari merilekskan badan anda. Begitu anda terlelap, biasanya migrain akan mereda ketika anda terbangun.

Mandi air hangat
Ketika migrain mulai mereda, air hangat bisa jadi pilihan untuk menenangkan diri. Uap dari air hangat perlahan-lahan akan mengusir migrain dari kepala anda. Hangatnya air juga mampu menghilangkan ketegangan dan membuat anda tidur lebih lelap di malam hari sehingga kondisi tubuh bisa lebih bugar pada keesokan harinya.

Sedikit tambahan informasi, jika migrain bertahan lebih lama dari biasanya, segeralah periksakan diri anda ke dokter. Usahakan juga untuk mencari tahu faktor-faktor pemicu migrain anda agar bisa menghindari kemungkinan terserang di kemudian hari.