Susah untuk Tepat Waktu? Perhatikan 5 Tips Ini

Suara Wanita – Meski terkesan sepele, datang tepat waktu adalah sesuatu yang sangat berpengaruh bagi hidup kita. Sikap disiplin seperti ini harus terus kita pertahankan. Bukan cuma demi sekedar terlihat baik, tapi juga supaya aktivitas kita dan orang lain jadi tak terganggu.

Sayangnya, selalu saja ada alasan untuk datang terlambat. Mulai dari masalah traffic sampai hal-hal lain yang bisa jadi sudah bosan terdengar oleh banyak orang.

Karena itu, supaya bisa selalu datang tepat waktu, berikut beberapa tipsnya:

Ayo Tepat Waktu, Mulailah Lakukan Ini!

Biasakan bangun lebih awal

Percaya atau tidak, kebiasaan itu sebenarnya bisa kita bentuk dalam waktu kurang dari seminggu. Termasuk soal bangun lebih awal.

Pada awalnya, ketika alarm berbunyi, kita akan merasa malas untuk membuka mata. Di poin inilah kita harus sedikit berjuang untuk bisa mengalahkan rasa malas dan bangun lebih pagi dari biasanya.

Lama kelamaan, sekitar 2-3 hari, kita akan mulai terbiasa. Dan jika kita teruskan, beberapa hari berikutnya kita akan mampu bangun sebelum alarm berbunyi. Ingat, usahakan jangan tidur terlalu larut supaya tetap segar saat bangun pagi.

Abaikan semua distraksi

Coba pikirkan apa yang membuat kita telat selain karena bangun kesiangan. Misalnya terlalu lama mengecek handphone, malas terkena air dingin (mandi), kelamaan mengobrol, keasyikan menonton tv, dan sebagainya.

Setelah tahu jawabannya, cobalah abaikan semua distraksi tersebut saat akan beraktivitas. Semakin kita fokus, maka akan semakin banyak waktu yang bisa kita hemat.

Pahami rute menuju tempat kerja anda

Salah satu hal yang patut kita perhatikan agar bisa datang tepat waktu adalah dengan memahami rute menuju tempat kerja atau lokasi janjian. Carilah jalan alternatif yang bisa jadi pilihan saat jalur biasanya sedang macet parah. Pastikan juga rute mana yang paling membantu kita agar bisa lebih cepat sampai.

Teliti dan Pertinggi Empati…

Taruhlah barang penting pada tempatnya

Pasti kesal banget kan kalau sampai gagal datang tepat waktu karena sibuk mencari kunci mobil yang terselip entah di mana. Karena itu, mulailah untuk membiasakan menaruh barang pada tempatnya. Pakailah waktu luang di malam hari untuk menyiapkan keperluan kita di hari esok. Berhentilah menunda hal-hal kecil supaya tidak merepotkan kita saat akan beraktivitas.

Hargai mereka yang mempercayai kita

Yang terakhir, sebagai penambah motivasi agar datang tepat waktu, pikirkan bagaimana perasaan orang-orang yang waktunya terbuang atau aktivitasnya terganggu karena menunggu kita. Ketahuilah bahwa tak ada yang suka bekerjasama dengan orang yang selalu terlambat dalam mengerjakan tugasnya.

Nah, itulah tadi lima tips yang bisa membantu kita untuk datang tepat waktu. Kalau semisal ada kejadian atau hal-hal di luar kemampuan yang membuat kita harus datang terlambat, jangan lupa segera informasikan kepada atasan atau teman janjian kita.

Sumber: https://greatist.com/happiness/how-never-be-late-again