Ingin Cepat Punya Rambut Panjang? Ini Rahasianya (Bagian 1)

Suara Wanita – Ketika kamu memotong rambutmu terlalu pendek, dan mulai merindukan rambut panjangmu, mungkin kamu akan mulai berpikir, “adakah cara tercepat untuk membuat rambutmu bisa kembali panjang?”

Dalam pemikiran kamu itu, kamu pun akan mulai memilah-milah, mana yang paling bisa membantumu, apakah dengan makanan tertentu, obat-obatan, atau treatment khusus. Semua ini akan semakin kompleks, apabila kamu juga sedang mengalami masalah kerontokan.

Di artikel ini, suarawanita.com akan membantu menjawabnya. Berikut beberapa tips yang dapat membantu rambut kamu tumbuh lebih cepat dan lebih kuat, seperti dikutip dari Healthline.

Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Sehat

1. Hindari diet ketat
Menurut Dr. Lindsey Bordone, dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, kita tidak dapat mengontrol semua hal yang memengaruhi pertumbuhan rambut kita. Tetapi ada hal-hal yang dapat kita hindari, yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan. Salah satunya adalah diet yang terlalu ketat.

“Diet ketat dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut,” kata Bordone.

“Dan karena pertumbuhan rambut adalah prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya, pertumbuhan rambut terhenti dengan cepat ketika tubuh Anda berada di bawah tekanan karena diet ketat,” jelasnya.

Bordone menambahkan, bahkan setelah menghentikan diet, kerontokan rambut biasanya masih akan berlangsung selama beberapa bulan.

Tinjauan penelitian dari 2017 menunjukkan, kekurangan nutrisi utama dapat memengaruhi struktur rambut dan pertumbuhannya. Penurunan berat badan yang tiba-tiba dapat menyebabkan penumpahan sementara, yang dikenal sebagai telogen effluvium (TE), atau alopecia difus karena kekurangan niasin.

2. Periksa asupan protein
“Jika diet Anda sangat ketat, rambut tidak akan tumbuh optimal, dan kerontokan bisa terjadi,” kata Bordone.

“Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang seimbang, dengan asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal,” tambahnya. “Umumnya, kami merekomendasikan 50 gram protein atau lebih per hari.”

Menurut ulasan penelitian yang sama, penurunan asupan protein juga dapat menyebabkan TE.

3. Cobalah produk yang mengandung kafein
Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberi dorongan energi – dan penggunaan topikalnya telah terbukti memberikan dorongan pertumbuhan rambut juga.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam produk topikal, seperti sampo dan kondisioner, dapat mencegah kerontokan seefektif perawatan berbasis obat. Kafein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang metabolisme dan proliferasi sel.

Pijat dan Memberi Nutrisi

4. Jelajahi minyak esensial
Minyak atsiri tidak hanya berbau harum, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Satu studi kecil menemukan bahwa setelah tiga bulan, minyak biji labu yang dioleskan secara signifikan meningkatkan pertumbuhan kembali pada peserta, dengan pola kebotakan wanita. Namun, penelitian yang lebih besar diperlukan untuk lebih mendukung hasil ini.

Penelitian dari 2015 juga menunjukkan bahwa minyak rosemary mungkin sama efektifnya dengan minoxidil, bahan aktif dalam Rogaine, dalam memulihkan pertumbuhan. Sekali lagi, penelitian tambahan diperlukan untuk mendukung temuan ini.

Minyak esensial lainnya seperti minyak peppermint, minyak jojoba, dan minyak lavender pun menjanjikan untuk mencegah kerontokan, menurut tinjauan penelitian tahun 2020.

Baca juga: Mau Tetap Bugar di Usia 40-an? Coba Tips Ini

5. Tingkatkan profil nutrisi
Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan kamu secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Nutrisi ini dapat mencakup:

  • Biotin
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Seng
  • Besi
  • Omega-3 dan omega-6

Beberapa penelitian telah menemukan kadar vitamin D, folat, dan seng yang lebih rendah pada orang dengan kondisi kerontokan autoimun alopecia areata.

Satu studi tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan, dapat membantu melindungi dari kerontokan rambut pada orang dengan pola kebotakan wanita.

6. Manjakan diri dengan pijatan kulit kepala
Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Dan menurut sebuah studi kecil tahun 2016, itu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

7. Lihat pengobatan plasma kaya trombosit (PRP)
Dokter kulit bersertifikat Dr. Sapna Palep dari Spring Street Dermatology mengatakan, menggunakan terapi PRP dengan pasien yang mengalami kerontokan rambut telah menunjukkan harapan.

Sementara studi yang lebih terkontrol diperlukan, satu studi menemukan bahwa PRP dapat berfungsi sebagai pilihan pengobatan yang efektif untuk rambut rontok.

“PRP adalah pengobatan terobosan yang menggunakan suntikan konsentrasi trombosit pasien sendiri, untuk memulihkan dan mempercepat pertumbuhan,” kata Palep. “Trombosit adalah protein yang berasal dari aliran darah sendiri dan DNA yang dapat bertindak seperti sel induk ketika ditempatkan kembali ke dalam tubuh.”

Suntikan PRP di kulit kepala dapat membangunkan folikel yang tidak aktif, menghasilkan lebih banyak pertumbuhan rambut.

Perawatan bisa sebulan sekali, selama 3 bulan, dan setiap 6 bulan setelahnya untuk pemeliharaan, sesuai dengan penelitian di atas.

Bersambung. Baca lanjutannya di sini.