Jatuh Cinta dengan Rekan Kerja? Perhatikan Ini agar Tak Kena Masalah (Bagian 2)

Suara Wanita – Romantisme di kantor telah ada sejak lama, bahkan mungkin sejak kata ini dicetuskan. Banyak rekan kerja yang saling jatuh cinta, dan kemudian menjelma menjadi pasangan kekasih.

Maklum saja, dengan banyaknya waktu yang terpakai di tempat kerja, kehidupan sosial dan kehidupan profesional antar karyawan pun terkadang tak sadar telah bercampur.

Dalam beberapa kasus, percampuran tersebut bisa menjadi berubah menjadi perasaan yang serius, bahkan ketika salah satu dari mereka tidak romantis.

Memang, tidak ada yang salah untuk tertarik rekan kerja kita, terutama jika ia begitu pandai membuat hati kita tersipu. Namun seperti mengutip dari The Balance Careers, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar semua ini tidak menjadi masalah.

Bagian akhir dari artikel. Baca tulisan sebelumnya di sini.

Apa yang Harus Kamu Lakukan saat Jatuh Cinta dengan Rekan Kerja?

Tetapkan Aturan
Meskipun mungkin tidak terlalu romantis, rumuskan seperangkat aturan. Pastikan juga kamu dan pasangan memiliki pemahaman yang sama tentang hal itu. Apakah kamu berdua menginginkan sesuatu yang serius, atau apakah salah satu dari kamu ingin tetap santai?

Putuskan bagaimana melanjutkan di tempat kerja. Misalnya, akankah romansa menjadi rahasia? Apakah kamu akan menghindari tiba di tempat kerja bersama-sama atau pergi pada waktu yang sama? Dan apakah kamu berencana untuk berbagi istirahat makan siang? Ini harus dipikirkan matang-matang.

Pikirkan Hal Terburuk
Kemudian datang bagian yang sulit, yang tidak ingin dipertimbangkan oleh siapa pun yang memulai hubungan baru. Meskipun tak ada yang ingin dengar kata putus atau pisah saat kalian sedang membangun hubungan, pikirkan bagaimana menanganinya jika peristiwa malang itu benar-benar terjadi.

Karena kecuali kamu atau pasangan kamu berencana untuk berhenti dari pekerjaan kamu, bertemu satu sama lain setiap hari sudah pasti tidak dapat dihindari. Cari tahu bagaimana itu akan bekerja sebelum itu terjadi.

Jangan Biarkan Perasaan Menghalangi Pekerjaanmu
Jika kamu dan pasangan juga merupakan bawahan dan atasan, bisa jadi akan ada masalah di depan. Dalam kasus ini, memang paling bijaksana untuk menghindari romansa, tetapi jika memang harus terjadi, jangan biarkan perasaan satu sama lain memengaruhi cara kamu dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, setelah memiliki hubungan spesial, mungkin akan sedikit sulit untuk mengkritik pekerjaan pasangan kamu, meskipun peran kamu mengharuskannya.

Selain itu, menempatkan asmara di atas pekerjaan akan sangat merugikan atasan kamu, dan juga bisa membuat rekan kerja kamu merasa kesal, karena merasa mereka mendapatkan perlakuan yang tidak setara.