Menikmati Senja di Alun alun Kidul, Yogyakarta

Suara Wanita – Ketika sedang berada di Yogyakarta, dan ingin menemukan tempat yang merakyat untuk menikmati senja, jawabannya mungkin adalah Alun alun Kidul.

Terletak di tengah kota, alun alun ini menyuguhkan ragam kuliner pinggir jalan yang menggiurkan untuk dinikmati, serta keramaian yang syahdu di sekeliling dua pohon beringin kembar legendaris yang berdiri berdampingan dengan tegak.

Ada sejumlah kegiatan yang bisa kamu lakukan di Alun alun kidul. Mulai dari duduk santai di tengah lapangan sambil menikmati angin semilir, kulineran, mencoba menaiki odong-odong dengan lampu berwana-warni, hingga menjajal tes kejelian untuk menerobos celah di antara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Kegiatan ini disebut dengan istilah masangin.

Jangan salah ladies, meski sekilas terlihat mudah, namun banyak sekali yang gagal lho untuk bisa masuk ke celahnya. Beberapa bahkan sampai ada yang tidak sadar telah berbelok menjauhi pohonnya.

Mitos dua pohon beringin di Alun alun Kidul

Terkait pilihan terakhir, ada mitos menarik di mana jika ada seseorang yang berhasil melakukannya, keinginan atau hajatnya akan terkabul.

Tak hanya itu, mengutip laman Merdeka, beberapa mitos lain pun turut mengiringi keberadaan kembar beringin tersebut. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah kepercayaan bahwa dua beringin tersebut merupakan pintu gerbang ke laut selatan.

Memang, dalam kepercayaan warga lokal, Keraton Yogya mempunyai ‘hubungan’ spesial dengan Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan. Alhasil, 0rang-orang yang memiliki niat jahat kepada Keraton, akan kehilangan kesaktiannya saat melewati dua pohon beringin itu.

Nah, seru bukan? Jadi jangan lupa mampir ke sini ya saat berlibur ke Yogyakarta.