Rahasia Diet Orang yang Tinggal di Zona Biru

Suara Wanita – Ada begitu banyak program penurunan berat badan di luar sana seperti keto hingga puasa intermiten, semuanya mengusulkan strategi untuk membantu Anda makan lebih sedikit dan merasa kenyang.

Lucunya, Ini begitu berbeda dengan diet orang-orang yang tinggal di zona biru, berdasarkan buku The Blue Zones Solutions karya penulis Dan Buettner.

Ya! Apa yang para penduduk lakukan di Blue Zone bukanlah strategi penurunan berat badan. Mereka hanya bertujuan hidup lebih lama dan menjadi lebih bahagia.

Orang yang tinggal di Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Semenanjung Nicoya di Kosta Rika; Ikaria, Yunani; dan Loma Linda, California, wilayahnya berjuluk Zona Biru.

Penduduk di Zona Biru rata-rata bisa sampai usia 90 hingga 100 tahun, tidak seperti wilayah lain di dunia.

Hal ini karena sebagian besar pola makan nabati mereka, jarang makan makanan olahan dan manis, serta gaya hidup aktif.

Mereka yang tinggal di Blue Zone juga cenderung lebih terjaga berat badanya tanpa diet ketat.

Jadi, bagaimana sebetulnya diet para penduduk di Blue Zone, sehingga mendapat umur panjang dan berat badan yang ideal?

Tips diet ala orang-orang Blue Zone

Ternyata, mereka hanya makan sampai tingkat 80 persen kenyang, diet ini yang membantu menurunkan berat badan dan menjaganya.

Salah satu prinsip diet zona biru disebut hara hachi bu, yang diterjemahkan menjadi “berhenti makan saat Anda 80 persen kenyang.”

Ini didasarkan pada kebiasaan orang Okinawa, Jepang yang mendorong piring mereka jauh-jauh ketika mereka tidak lagi lapar.

Sementara orang Indonesia cenderung makan sampai kenyang, bahkan hingga kekenyangan.

Anda tidak perlu timbangan makanan atau gelas ukur atau penghitung kalori untuk mencapai hara hachi bu.

Cukup fokus saja pada makanan Anda saat memakannya, mengunyah lebih lambat, dan menggunakan piring yang lebih kecil.

Banyak pakar nutrisi telah menganut konsep ini.

“Populasi zona biru … memiliki BMI lebih rendah yang menunjukkan bahwa mereka dapat dengan mudah mempertahankan berat badan yang sehat tanpa menghitung kalori atau membatasi asupan makanan mereka,” komentar ahli fisiologi olahraga Drew Harrisberg di The Daily Mail.

Satu prinsip lain dari zona biru untuk menurunkan berat badan dan menjaganya adalah kurangi mengandalkan mobil atau motor untuk pergi berkeliling.

Sebuah penelitian terhadap 103 pekerja di Inggris menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum ke tempat kerja memiliki indeks massa tubuh hingga satu poin penuh lebih rendah daripada mereka yang mengemudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.